Kepala Kesemutan, Apa Artinya?

Kepala kesemutan adalah kondisi di mana seseorang merasakan sensasi terbakar, kesemutan, atau mati rasa pada kepala mereka. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, dan biasanya terkait dengan gangguan sirkulasi darah atau masalah saraf.

Namun, apa artinya bila Anda mengalami kepala kesemutan? Apa penyebabnya, dan apakah Anda perlu mengkhawatirkannya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Penyebab Kepala Kesemutan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi kepala kesemutan bisa disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah atau masalah saraf. Beberapa penyebab umum dari kondisi ini di antaranya:

1. Sindrom Tunnels Karpal

Sindrom Tunnels Karpal adalah kondisi di mana saraf median di pergelangan tangan terjepit atau teriritasi. Kondisi ini dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada tangan, jari, dan bahkan kepala.

2. Kondisi Neurologis

Kondisi neurologis seperti Multiple Sklerosis (MS) atau Stroke dapat mengganggu sirkulasi darah ke otak dan saraf di kepala, yang mempengaruhi sensasi yang kita rasakan.

3. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kesemutan pada kepala dan tubuh. Ini disebabkan oleh ketidakseimbangan sirkulasi darah.

4. Tegang Emosional dan Stres

Stres dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot leher dan kepala. Hal ini dapat mengarah pada kesemutan dan sensasi terbakar pada kepala.

5. Tumor Otak

Walaupun jarang, tumor otak juga dapat menyebabkan kesemutan pada kepala atau mati rasa.

Gejala Lain yang Terkait dengan Kepala Kesemutan

Kepala kesemutan biasanya terkait dengan gejala lain, tergantung pada penyebabnya. Beberapa gejala umum yang dapat terkait dengan kondisi ini antara lain:

  • Sakit kepala
  • Kehilangan keseimbangan
  • Mual dan muntah
  • Kesulitan bicara atau berbicara pelan
  • Kehilangan kontrol otot

Cara Mengatasi Kepala Kesemutan

Langkah awal umum yang harus Anda lakukan bila merasa kepala Anda kesemutan adalah mencari tahu penyebabnya. Jika Anda mencurigai semuanya berasal dari masalah saraf atau kondisi kesehatan lainnya, segera periksakan diri ke dokter. Periksakan juga kandungan Anda mungkin perlu Anda lakukan untuk mengukur darah, godaan saraf dan hormon.

Tetapi jika Anda tidak merasa khawatir dan merasa bahwa kesemutan kepala ini hanya disebabkan oleh hal-hal sehari-hari, cobalah beberapa tips berikut ini:

1. Hindari Stres Berlebihan

Salah satu cara paling umum untuk mencegah kesemutan kepala adalah dengan menghindari stres berlebihan. Cobalah melakukan aktivitas seperti yoga atau meditasi. Atau carilah hobi yang dapat menghilangkan stres Anda.

2. Lakukan Peregangan

Peregangan dapat membantu meringankan ketegangan otot pada kepala Anda. Lakukan peregangan leher dan kepala secara teratur bergerak ke samping kiri dan kanan, ke atas dan ke bawah serta gerakan memutar secara pelan.

3. Ganti Posisi Duduk Anda

Jika Anda memiliki pekerjaan yang memaksa Anda untuk duduk untuk waktu yang lama, ganti posisi duduk Anda secara teratur. Menjaga posisi yang sama terlalu lama dapat membuat otot-otot kepala tertekan.

4. Menggunakan Minyak Atsiri

Minyak atsiri seperti minyak lavender, peppermint atau rosemary dapat membantu meredakan sakit kepala dan kesemutan pada kepala.

5. Konsumsi Gula Darah Tinggi

Ketika tubuh Anda kekurangan glukosa, Anda bisa merasa pusing, tidak tenang dan bahkan kesemutan di bagian kepala Anda. Konsumsi makanan yang mengandung gula seperti buah-buahan atau madu akan membantu meningkatkan gula darah Anda secara alami.

Kesimpulan

Kepala kesemutan bisa jadi pertanda ada masalah di dalam tubuh Anda. Namun, sebagian besar kasus kejadian tersebut dapat diatasi dengan menghindari faktor pemicu kesemutan, hidup sehat, peregangan dan latihan lama yang cukup. Jika Anda merasa gejala Anda semakin buruk atau terjadi keseimbangan Anda, segera temui dokter atau ahli saraf untuk mendapat perawatan yang tepat.