Berat Badan Tidak Naik Saat Hamil? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Semakin tua, semakin sulit untuk mempertahankan berat badan yang ideal, apalagi ketika sedang hamil. Meskipun begitu, banyak calon ibu mengalami kejadian berat badan tidak naik saat hamil. Padahal, hal tersebut dapat memengaruhi kondisi bayi yang dikandung, bahkan risiko kehamilan bayi tidak sehat juga bisa meningkat.

Lantas, bagaimana memastikan berat badan selama kehamilan tetap ideal? Pertama-tama, menyadari mengapa berat badan tidak naik saat hamil. Beberapa faktor bisa menjadi penyebabnya dan berikut adalah 5 diantaranya.

1. Gangguan pada Metabolisme

Metabolisme yang tertunda atau lebih lambat selama kehamilan bisa memengaruhi peningkatan berat badan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti masalah hormonal, hipotiroidisme, kelelahan, dan gangguan pencernaan.

2. Lingkungan yang Tidak Mendukung

Lingkungan yang tidak mendukung bagi ibu hamil dapat memengaruhi pola makan dan aktivitas fisiknya. Misalnya, saat ibu hamil tidur terlalu lama atau kurang berolahraga, cenderung sulit mengatur nafsu makan dengan baik dan berdampak pada penurunan berat badan.

3. Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan seperti mual yang berlebihan, diabetes gestasional, dan preeklampsia bisa menyebabkan berat badan tidak naik saat hamil. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu hamil memantau kondisi kesehatannya secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan janin dan bayi yang dikandungnya.

4. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat seperti ketergantungan pada makanan yang tinggi kalori dan kurang berkumpulnya vitamin dan nutrisi lainnya juga bisa memengaruhi berat badan selama kehamilan. Oleh sebab itu, selain menjalankan pola makan seimbang, disarankan untuk berolahraga ringan selama kehamilan untuk menjaga kondisi tubuh dan janin.

5. Tekanan Belajar yang Berlebihan

Stres dan tekanan dapat memengaruhi nafsu makan, tidur, dan aktivitas sehari-hari. Hal ini memiliki potensi untuk mempengaruhi berat badan selama kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi calon ibu untuk mengatur waktu dan menemukan cara untuk mengatasi stres selama kehamilan.

Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami berat badan tidak naik saat hamil, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Pertama-tama, pastikan bahwa Anda makan secukupnya, namun itu tidak berarti makan dengan jumlah yang terlalu banyak. Sebaiknya, makan porsi yang lebih kecil namun lebih sering, sehingga tubuh tidak berlebihan dalam memproses makanan.

Selain itu, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, protein nabati, dan ikan. Hilangkan makanan ringan yang tidak sehat dan tidak memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Disamping itu, jangan lupa untuk tetap berolahraga secara teratur. Olahraga yang ringan seperti jalan kaki dan yoga sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar sekaligus juga membantu melawan stress.

Kesimpulan

Berat badan tidak naik saat hamil adalah masalah serius yang perlu diatasi dengan cara yang tepat. Seiring waktu, calon ibu perlu mengikuti saran yang diberikan oleh dokter dan menemukan cara yang aman dan sehat untuk mengatasi kekurangan berat badan. Selalu perhatikan kesehatan janin dan bayi yang dikandung, dan jangan lupa untuk menjaga lingkungan yang sehat dan mendukung selama kehamilan.