Pakai Kondom Saat Berhubungan Seks Bikin Tidak Nikmat Benarkah?

Pertanyaan ini cukup sering dilontarkan oleh pasangan yang akan melakukan hubungan seksual. Sebenarnya, apa jawabannya? Apakah dengan mengenakan kondom saat bercinta akan membuat sensasi nikmat berkurang? Ataukah, malah menguntungkan bagi kesehatan dan keamanan seksual?

Kenapa Kondom Dapat Membuat Hubungan Seks Tidak Nikmat?

Memang benar, bahwa beberapa pasangan merasa sensasi saat bercinta menurun ketika menggunakan kondom. Hal ini karena adanya perasaan yang tidak nyaman saat kondom tersebut digunakan. Beberapa sensasi alami yang terlewati atau berkurang, seperti getaran yang tidak terasa natural, gesekan yang tidak 100% dirasakan, dan sebagainya.

Lantas, apakah hal ini berarti bahwa kondom merupakan metode yang buruk untuk berhubungan seksual? Tentunya tidak. Memakai kondom merupakan suatu solusi untuk melindungi diri dan pasangan Anda dari berbagai macam penyakit dan infeksi yang mungkin berbahaya bagi kesehatan seksual seseorang.

Apa Keuntungan dari Menggunakan Kondom Saat Berhubungan Seksual?

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, penggunaan kondom memang terlihat tidak nyaman dan membuat beberapa sensasi terabaikan oleh para pasangan. Namun hal ini jangan membuat Anda ragu untuk menggunakan kondom saat bercinta, karena terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan kondom.

  1. Meminimalisir Risiko Terpapar Penyakit Seksual

Memakai kondom adalah tindakan yang patut dilakukan oleh para pasangan yang ingin merawat kesehatan seksualnya. Dalam banyak kasus, penyakit menular seksual dapat dengan mudah menyebar melalui aliran darah pada saat melakukan hubungan seksual. Maka dari itu, memakai kondom sudah selayaknya menjadi kebiasaan bagi para pasangan.

  1. Tidak Perlu Khawatir Akan Terjadi Kehamilan Tidak Direncanakan

Kondom merupakan salah satu metode kontrasepsi yang cukup efektif dan aman untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Dalam keadaan tertentu, misalnya ketika kondom pecah, maka ada kemungkinan terjadinya kehamilan. Namun, kemungkinan hal ini terjadi sangatlah kecil, dibandingkan dengan melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

  1. Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual dan Kepercayaan Diri Anda

Tidak ada waktu untuk merasa cemas atau khawatir terkena penyakit seksual ataupun hamil saat sedang berhubungan seksual. Maka dari itu, penggunaan kondom justru dapat meningkatkan kepercayaan diri dan merasa lebih aman untuk mengeksplorasi berbagai macam posisi dan fantasi seksual. Kondom juga sangat membantu bagi pasangan yang tidak ingin ambil risiko atau tidak siap untuk menghasilkan keturunan.

Bagaimana Memilih Kondom yang Tepat?

Pada dasarnya, setiap jenis kondom memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus memilih kondom yang tepat bersedangakan pada kebutuhan dan preferensi pasangan Anda.

  1. Ukuran

Kondom yang terlalu longgar atau terlalu ketat, tidak akan memberikan kenyamanan saat digunakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih ukuran kondom yang sesuai dengan ukuran penis Anda.

  1. Jenis Bahan

Saat ini, terdapat berbagai macam jenis bahan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kondom. Setiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

  1. Jenis Pelumas

Kondom yang menggunakan pelumas sebagai bahan tambahan, seringkali memberikan sensasi yang lebih nyaman dan membantu untuk meminimalisir gesekan yang terjadi pada saat hubungan seksual.

Kesimpulan

Bagi pasangan yang sering melakukan hubungan seksual, penggunaan kondom merupakan suatu hal yang sangat penting dan dianjurkan. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan, seperti adanya beberapa sensasi yang terabaikan atau kurang dirasakan, namun hal tersebut jangan membuat Anda cepat terpengaruh dengan pikiran bahwa penggunaan kondom membuat hubungan seksual tidak nikmat. Sebab, kenyataannya penggunaan kondom dapat meminimalisir risiko terpapar penyakit seksual dan mengurangi kekhawatiran akan terjadinya kehamilan tidak direncanakan. Oleh karena itu, semua pasangan yang aktif melakukan hubungan seksual, sangat disarankan untuk selalu menggunakan kondom.