Kehamilan Minggu ke 7: Mulai Rasakan Nyeri Pinggang, Apa Sih Penyebabnya?

Selamat, Anda sudah masuk ke masa kehamilan minggu ke 7! Pada tahap ini, janin Anda seukuran dengan biji kenari dan sudah mulai berkembang dengan baik. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa wanita mulai mengalami nyeri pinggang pada masa ini?

Nyeri pinggang selama kehamilan adalah hal yang lazim terjadi. Sebenarnya, sekitar 50% wanita akan mengalami nyeri pinggang selama kehamilan mereka. Namun, efek yang dirasakan oleh setiap wanita bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi dan keadaan mereka.

Lalu, apa sih penyebab utama nyeri pinggang selama kehamilan?

Penyebab Nyeri Pinggang pada Kehamilan Minggu ke 7

Terdapat beberapa penyebab utama mengapa sebagian wanita mengalami nyeri pinggang pada kehamilan minggu ke 7. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal selama kehamilan mengakibatkan meningkatnya keluarnya hormone relaksin. Hormon ini bekerja membantu melonggarkan persendian dan ligament saat tubuh sedang mempersiapkan proses persalinan. Namun, jika hormon relaksin ini keluar dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pinggang pada ibu hamil.

Perubahan Postur Tubuh

Pada saat kehamilan, postur tubuh ibu hamil akan berubah secara bertahap. Perubahan postur tubuh ini memperbesar tekanan pada tulang belakang dan pinggang, sehingga memicu terjadinya rasa sakit dan nyeri.

Peningkatan Berat Badan

Peningkatan berat badan selama kehamilan adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika terjadi peningkatan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat, dapat membebani sendi dan menyebabkan nyeri pinggang.

Sirkulasi Darah Menurun

Pada tahap kehamilan minggu ke 7, rasa sakit pinggang juga dapat disebabkan oleh penurunan sirkulasi darah. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan janin yang makin kuat pada area pinggang sehingga membuat aliran darah terhambat.

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Selama Kehamilan

Walau rasa sakit dan nyeri pinggang akibat kehamilan bisa sangat mengganggu, namun masih ada beberapa cara untuk membantu meredakan atau mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Olahraga

Olahraga selama kehamilan adalah hal yang penting dilakukan sebagai bentuk persiapan tubuh untuk persalinan. Namun, pastikan olahraga yang dilakukan sesuai dengan keadaan fisik Anda dan selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai.

Posisi Tidur yang Tepat

Posisi tidur yang salah dapat memperburuk nyeri pinggang selama kehamilan. Sebaiknya, hindari tidur menghadap ke bawah atau pada posisi tengkurap, karena akan memperbesar tekanan pada pinggang. Cobalah untuk tidur pada posisi miring dan gunakan bantal sebagai penunjang jika diperlukan.

Pijat

Pijat adalah salah satu cara untuk meredakan nyeri pinggang selama kehamilan. Namun, pastikan untuk mencari seorang ahli pijat yang berpengalaman dan terlatih pada kehamilan.

Kompres Hangat atau Dingin

Kompres hangat atau dingin juga bisa membantu meredakan rasa sakit dan nyeri pinggang. Namun, pastikan suhunya bersahabat dengan tubuh Anda.

Perbanyak Pijakan Kaki

Cobalah untuk sering-sering berjalan-jalan dan menghilangkan rasa kaku pada tulang belakang dan pinggang. Berjalan-jalan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat Anda tetap bugar.

Kesimpulan

Benar-benar wajar jika Anda mengalami nyeri pinggang selama kehamilan, khususnya pada masa kehamilan minggu ke 7. Namun, jangan khawatir, nyeri pinggang selama kehamilan bisa dikontrol dan diatasi. Lakukan olahraga yang tepat, mengatur posisi tidur, mencari pijat, kompres hangat atau dingin dan perbanyak pijakan kaki, mereka akan membantu Anda meredakan rasa sakit dan nyeri.

Yang lebih penting, jangan ragu untuk mengkonsultasikan keluhan Anda dengan dokter kebidanan dan kandungan jika rasa sakit menjadi lebih parah atau jika Anda merasa tidak nyaman. Tetaplah sehat dan selamat hamil!