Tanda-Tanda Hamil Dilihat dari Perubahan Kondisi Tubuh

Sebagai calon ibu, Anda pasti ingin tahu apakah Anda sedang hamil atau tidak. Nah, jika Anda belum pasti tentang kehamilan, maka tanda-tanda fisik seperti perubahan kondisi tubuh dapat membantu Anda mengetahuinya.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda hamil yang bisa dilihat dari perubahan kondisi tubuh:

1. Terjadi Peningkatan Berat Badan

Ketika Anda sedang hamil, tubuh Anda secara alami akan mengalami peningkatan berat badan. Dalam kehamilan normal, wanita dewasa diharapkan bertambah berat badannya sekitar 11-15 kg selama kurang lebih sembilan bulan. Namun, peningkatan berat badan tidak terjadi secara tiba-tiba.

Biasanya, pada trimester pertama, wanita hamil mengalami kenaikan berat badan sekitar 1-2 kg. Sedangkan pada trimester kedua dan ketiga, wanita hamil mengalami penambahan berat badan yang lebih banyak.

2. Payudara Membesar

Selain terjadi peningkatan berat badan, perubahan lain yang dapat terlihat pada tubuh calon ibu adalah payudara yang membengkak dan membengkak. Hal ini karena sistem hormon tubuh yang disesuaikan untuk persiapan produksi ASI nantinya.

Payudara juga menjadi lebih sensitif dan lembut, dan puting susu dapat menjadi lebih gelap. Hal ini karena keberadaan hormon progesteron, dimana hormon ini diperlukan untuk membantu membangun kembali dan memperbaiki jaringan payudara.

3. Semakin Sering Buang Air Kecil

Jumlah urine yang dikeluarkan wanita hamil lebih banyak dari biasanya. Hal ini terjadi karena wanita hamil melahirkan bayi yang membutuhkan nutrisi dan juga karena terjadi peningkatan aliran darah ke ginjal.

Selain itu, tekanan pada kandung kemih juga turut mempengaruhi jumlah buang air kecil yang lebih sering terjadi pada wanita hamil. Namun, jangan menghentikan minum air dengan harapan bisa mengurangi frekuensi buang air kecil karena ini dapat memengaruhi kesehatan janin.

4. Keluhan Mual dan Muntah

Mual menjadi keluhan umum pada trimester pertama kehamilan. Banyak wanita hamil yang mengalami mual dan muntah, terutama saat bangun tidur di pagi hari.

Ini disebabkan oleh perubahan hormon, dan dapat diatasi dengan minum air putih dan perbanyak tidur. Jika mual dan muntah terus berlanjut, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Perubahan Tekstur Kulit

Semakin kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga, perubahan tekstur kulit juga dapat terlihat. Kulit bisa terasa lebih kering, kusam, atau mudah iritasi.

Selain itu, seringkali juga muncul tanda kehamilan seperti garis-garis putih di perut atau payudara. Namun, ini bukan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan karena tanda-tanda ini hanya bersifat sementara dan dapat hilang setelah melahirkan kelak.

6. Kebutuhan Gizi yang Berbeda

Selama kehamilan, tubuh wanita membutuhkan asupan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal. Maka dari itu, sebaiknya calon ibu perlu menerapkan pola makan sehat dan seimbang.

Kebutuhan gizi calon ibu biasanya terdiri dari karbohidrat, protein, asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin C dan D. Namun, jangan terlalu khawatir jika tidak bisa mencapai target optimal gizi selama kehamilan karena setiap wanita mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda.

7. Mudah Lelah dan Sesak Napas

Mudah lelah dan sesak napas juga merupakan tanda-tanda hamil. Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi lebih banyak darah dan meningkatkan metabolisme untuk memenuhi kebutuhan janin.

Sebaiknya, calon ibu harus melakukan hypnobirthing atau latihan pernapasan agar napas bisa lebih teratur dan mudah saat menjalani masa persalinan.

8. Sistem Pencernaan Terganggu

Selain keluhan mual dan muntah, perubahan lain yang terjadi pada wanita hamil yaitu sistem pencernaan juga terganggu. Calon ibu bisa merasakan sakit perut atau sembelit.

Untuk mengatasi keluhan sembelit, sebaiknya calon ibu meningkatkan asupan serat dan air serta hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi.

9. Perubahan Mood dan Perasaan

Perubahan mood dan perasaan juga terjadi selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena wanita hamil mengalami fluktuasi hormon yang dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkah laku.

Jangan pernah ragu untuk ngobrol dengan ahli psikolog jika calon ibu merasa kesulitan menjalani masa kehamilan atau mengatasi masalah yang timbul.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa tanda-tanda hamil yang bisa dilihat dari perubahan kondisi tubuh. Bagi wanita yang belum mengetahui pasti kehamilan, perubahan kondisi tubuh bisa menjadi indikator terjadinya kehamilan.

Tingkatkan kualitas kesehatan Anda dan janin yang sedang tumbuh di dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, menjalani pola hidup sehat, dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan.