Mengatasi Hidung Mampet Saat Flu Tidak Sulit! Lakukan 5 Cara Ini

Ketika flu menyerang, gejala yang paling umum dan menjengkelkan adalah hidung mampet. Hidung yang tersumbat membuat pernapasan tidak nyaman, bernapas menjadi sulit dan dapat mengganggu tidur kita. Tidak perlu khawatir, mengatasi hidung mampet saat flu sebenarnya tidak sulit. Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda tentang 5 cara efektif untuk meredakan hidung mampet saat flu.

1. Minum Banyak Cairan

Saat Anda mengalami flu, tubuh Anda memerlukan cairan lebih banyak daripada biasanya untuk mempertahankan kondisi hidung tetap lembab dan mencegah kekeringan, terutama di musim dingin. Minum banyak cairan seperti air putih, teh hangat atau jus buah segar dapat membantu meningkatkan kelancaran lendir yang keluar dari hidung, menjaga saluran hidung tetap basah dan membantu mengurangi hidung mampet.

2. Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat juga merupakan cara yang efektif untuk meredakan hidung mampet saat flu. Cara paling mudah dilakukan adalah dengan menyalakan shower atau dispenser air panas di kamar mandi selama 15-20 menit dengan pintu tertutup, dan hiruplah uap yang dihasilkan. Anda juga bisa menggunakan inhaler atau steam inhaler untuk memudahkan dan menjaga ketelitian uap yang dihirup tetap hangat.

3. Gunakan Salep Hidung

Salep hidung adalah obat yang dicampurkan ke dalam lubang hidung untuk mengurangi pembengkakan dan membuka saluran hidung. Salep hidung tersedia dalam bentuk semprotan atau olesan di apotek dan kini juga bisa membeli di toko online. Gunakan salep hidung sesuai instruksi dokter atau aturan pada kemasan.

4. Beristirahat

Beristirahat adalah salah satu cara paling efektif untuk melawan flu. Istirahat yang cukup membantu tubuh Anda memperbaiki diri, sehingga dapat mengelola infeksi virus dan mempercepat penyembuhan. Ini juga membantu mengurangi hidung mampet karena tubuh beristirahat sehingga ketika Anda bangun kembali, tubuh merasa lebih segar untuk beraktivitas kembali.

5. Gunakan Bantal Tambahan

Melalui positur tidur yang tepat, dapat mengurangi gejala hidung mampet saat flu. Carilah bantal yang tepat untuk diposisikan di bawah kepala dan bantal tambahan untuk meninggikan kepala agar posisi tidur kamu sedikit miring dan membantu memperlancar pernapasan saat tidur. Dengan tidur dalam posisi yang benar dapat membantu membuka saluran udara dan mencegah hidung mampet selama tidur.

Kesimpulan

Hidung mampet saat flu bukan masalah besar sebenarnya karena ada banyak cara untuk meredakannya. Anda hanya perlu mengikuti tips diatas dan pastikan juga Anda mengonsumsi makanan bergizi yang tepat untuk membantu mempercepat proses pemulihan dari flu. Ingatlah bahwa jika hidung mampet atau gejala flu lainnya berlangsung lebih dari tiga hari atau tidak membaik, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda meredakan hidung mampet saat flu. Tetap sehat dan jaga kesehatan kamu dengan selalu menjaga kebersihan dan hidup gaya hidup yang sehat.