5 Efek Suara Bising pada Hamil Bisa Bikin Bayi Stres Lho

Apakah Anda tahu bahwa bayi dalam kandungan sangat sensitif terhadap suara dari luar? Suara bising terutama akan sangat berdampak pada si kecil dalam kandungan. Bising atau kebisingan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti keramaian, suara motor atau kendaraan, musik dengan volume yang terlalu tinggi, suara mesin, dan lain sebagainya.

Namun apakah Anda tahu bahwa suara bising juga bisa membuat bayi stres? Dalam artikel ini saya akan membahas tentang 5 efek suara bising pada hamil yang bisa bikin bayi stres lho!

1. Mempengaruhi Sistem Saraf Bayi

Suara bising yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem saraf bayi dalam kandungan. Suara bising yang keras dan terus-menerus dapat memberikan dampak pada sistem saraf bayi bahkan bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan syaraf otak. Ini membuat bayi cepat lelah dan tumbuh lambat.

2. Mempengaruhi Proses Pertumbuhan Bayi

Bayi dalam kandungan sangat rentan terhadap stres dan gangguan akibat suara bising. Bayi yang sering terpapar suara bising kemungkinan besar akan memiliki berat badan yang rendah dan pertumbuhan yang tidak optimal.

3. Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi

Bayi dalam kandungan butuh istirahat yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Tapi suara bising yang mengganggu dan berlangsung dalam waktu yang lama akan mengganggu proses tidur bayi dan dapat menyebabkan stres pada bayi.

4. Menghambat Perkembangan Otak Bayi

Suara bising juga bisa menyebabkan masalah pada sistem syaraf pusat dan dapat menghambat perkembangan otak bayi. Bayi yang sering terpapar suara bising tinggi kemungkinan besar akan mengalami gangguan kognitif dan masalah pembelajaran.

5. Meningkatkan Risiko Kelahiran Prematur

Suara bising yang terus-menerus dapat menyebabkan stres dan ketegangan pada bayi dalam kandungan. Stres yang dihadapi secara rutin oleh bayi dalam kandungan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.